22 September 2017

Umpan Mancing Lele Musim Hujan

Musim hujan merupakan musim yang paling tepat untuk memancing ikan lele. Pada musim tersebut ikan lele menjadi lebih agresif. Nafsu makan ikan lele akan meningkat pada musim ini.

Advertisements

Ikan lele akan semakin lebih aktif mencari makanan pada musim-musim tersebut. Sehingga itulah sebabnya mengapa musim hujan adalah musim yang paling cocok bagi para pecinta ikan lele untuk memancingnya.

Meskipun pada musim hujan, ikan lele cenderung sangat membabi buta dalam hal mencari makan. Meski begitu, penggunaan jenis umpanpun tetap harus diperhatikan.

Umpan mancing lele pada musim hujan akan tetap berpengaruh terhadap hasil pancingan anda. hal ini dikarenakan suhu dan warna air pada musim hujan akan berubah. Hal ini akan menyebabkan ikan lele juga turut memilih mangsa yang akan dimakan.

Umpan Mancing Lele Musim Hujan

Resep Umpan Mancing Lele Saat Musim Hujan

Oleh karena itu berikut beberapa umpan mancing lele pada musim hujan yang bisa menjadi opsi anda saat memancing ikan lele di musim hujan.

  1. Umpan Cacing

Sebenarnya cacing merupakan makanan favorit ikan lele. Oleh karena itu cacing dapat menjadi pilihan anda sebagai umpan mancing lele pada musim hujan. Ikan lele menyukai cacing dikarenakan cacing memiliki aroma yang khas bagi ikan lele.

Meskipun dalam keadaan keruh, aroma khas cacing akan tetap tercium oleh ikan lele. Namun demikian, tidak semua jenis cacing dapat dijadikan sebagai umpan mancing lele pada musim hujan. Ada satu jenis cacing yang benar-benar cocok dijadikan sebagai umpan memancing lele yaitu cacing unthel.

Cacing ini memiliki bau yang sangat menyengat apabila tubuhnya terluka. Sehingga untuk menjadikannya sebagai umpan memancing, anda perlu melukai tubuhnya agar keluar cairan putih yang membuatnya semakin bau.

advertisements

Akan jauh lebih baik jika anda menambahkan lumuran telur bebek ke tubuh cacing ini sebelum menggunakannya sebagai umpan. Hal ini bertujuan agar bau yang dikeluarkan cacing ini semakin menyengat.

  1. Umpan Jangkrik

Selain cacing, umpan mancing lele pada musim hujan andalan lainnya adalah jangkrik. Meskipun jangkrik merupakan umpan andalan, namun ini tidak akan lebih baik jika anda mengaitkannya langsung ke kail.

Ada trik khusus agar jangkrik bisa menarik banyak perhatian lele yaitu dengan merendamnya di dalam air cuka.

Tidak perlu lama-lama, cukup sebentar saja lalu pencet bagian isi perutnya. Setelah itu baru gunakan sebagai umpan mancing lele pada musim hujan yang siap menaklukkan lele-lele di kolam.

  1. Umpan Belut

Belut merupakan jenis ikan yang memiliki bau sangat anyir. Sedangkan lele juga sangat menyukai benda-benda yang memiliki aroma demikian. Sehingga sangat tepat jika anda menggunakan belut sebagai umpan mancing lele pada musim hujan.

Cara menggunakan belut sebagai umpan ikan lele tidaklah sulit, yaitu dengan memotongnya memanjang lalu membakarnya. Jangan terlalu lama membakar, usahakan setengah matang saja atau masih ada sedikit darah yang tersisa.

Cara ini digunakan agar bau anyir dari belut lebih tercium oleh ikan lele. Namun sayangnya tidak semua ikan lele mau memakan umpan belut.

Biasanya hanya ikan lele yang berukuran besar yang mau dengan umpan belut ini. sehingga ini sangat cocok bagi para pemancing ikan lele yang hanya menginginkan ikan lele yang berukuran besar tanpa diganggu oleh lele yang berukuran kecil.

Ikan lele akan lebih agresif pada saat musim hujan. Meskipun mereka memiliki nafsu makan yang tinggi namun mereka juga tetap selektif dalam memilih mangsa.

Oleh karena itu pemilihan jenis umpan mancing lele pada musim hujan juga turut menentukan hasil pancingan anda.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM