17 Januari 2018

Umpan Mancing Kakap Air Payau

Ikan payau yang sering dibudidayakan di antaranya adalah ikan bandeng, ikan kerapu macan, ikan kerapu bebek atau kerapu tikus, ikan belanak, ikan patin, ikan bawal, dan ikan kakap putih atau barramundi.

Advertisements

Beda jenis ikannya, maka berbeda pula umpannya. Untuk umpan mancing kakap, sebaiknya menggunakan umpan yang masih hidup atau live bait.

Dan biasanya menggunakan ikan hidup seperti ikan belanak, udang putih, ikan bandeng dan cumi berukuran kecil. Air payau yang merupakan campuran antara air laut, air payau dan air tawar.

Suatu air bisa dikategorikan sebagai air payau apabila kandungan garam mineral di setiap liternya berkisar antara 0,5 sampai 30 gram.

Air payau memiliki berbagai jenis ikan yang sering dibudidayakan dengan alasan ikannya cepat besar, harganya mahal, rasanya enak dan digemari oleh banyak orang.

Resep Racikan Umpan Mancing Kakap Air Payau

Umpan Mancing Kakap Air Payau

Untuk para pemancing yang sudah pro dan berpengalaman, biasanya umpan yang digunakan pada umumnya adalah udang putih, selain lebih kuat berenang dibandingkan udang tenger. Udang putih akan menyala matanya ketika berada di dalam air pada malam hari.

advertisements

Namun, udang putih cukup mahal harganya di pasaran, sebagai alternatif bisa juga menggunakan ikan belanak, akan tetapi umpan ikan belanak harus full control karena ikan ini suka sekali masuk ke sela-sela batu/ rampon. Selain ikan belanak, bisa juga menggunakan ikan betik alias betok sebagai umpan memancing ikan kakap.

Biasanya umpan betik digunakan untuk umpan mancing ikan kakap pomah (rumahan) yang biasanya berada di suatu tempat yang memiliki sarang atau teritorinya sendiri.

Sifat umum dari ikan kakap yang bersemayam di muara berair payau di antaranya adalah, Ikan kakap muara lebih giat mencari mangsa ketika waktu sore hingga malam hari dan ikan kakap cenderung memakan mangsa yang bergerak di permukaan.

Maka teknik dan strategi mancingnya adalah sebaiknya pilih waktu mancing pada sore, atau malam hari. Retrieve benang secara perlahan-lahan.

Untuk umpan mancing kakap bisa gunakan live bait atau lure yang top water atau mengambang. Gunakan joran casting berukuran 17lb dengan panjang 180cm dan menggunakan Reel dengan ukuran 2000.

Karakter ikan kakap apabila sudah terkena mata pancing biasanya akan memberikan perlawanan yang lumayan kuat. Apabila angler tidak lihai kemungkinan besar ikan kakap akan lolos dari jeratan mata ikan.

Teknik mancing ikan kakap yang biasa digunakan ada 3 teknik, seperti teknik gantung, teknik pelampung dan teknik jegger. Sebagai contoh kita menggunakan teknik pelampung.

Teknik ini membuat joran harus selalu aktif dipegang oleh pemancing sambil memainkan senar dengan cara retrieve secara perlahan-lahan. Atau ketika anda lelah bisa dengan meletakkan joran di tempat penyangga joran dan umpan mancing kakap tetap tergantung.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM