22 September 2017

Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

Kita semua pasti telah mengenal dengan kegiatan memancing. Pada dasarnya kegiatan memancing adalah salah satu kegiatan perburuan. Lebih tepatnya adalah untuk berburu ikan laut maupun ikan air tawar.

Advertisements

Kegiatan ini sudah lekat dengan kehidupan manusia sejak dari zaman prasejarah dahulu hingga sekarang. Salah satu yang paling sering dijumpai adalah memancing dengan menggunakan umpan mancing ikan nila di danau.

Nila adalah sejenis ikan air tawar yang menjadi idola bagi penggemar dunia mancing. Ikan nila banyak tersebar dan berkembang biak di rawa, sungai-sungai, dan juga di danau wilayah tropis misalnya Indonesia.

Bagi para penggemar dunia memancing salah satu spot atau tempat terbaik memancing ikan nila adalah di danau. Untuk memancing ikan tersebut tentu dengan menggunakan umpan mancing ikan nila di danau dengan beberapa cara khusus.

Resep Ampuh Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

Seperti yang dijelaskan di atas jika memancing ikan nila di danau membutuhkan cara dan perlakuan khusus. Hal ini dikarenakan karakteristik ikan nila yang ada di danau berbeda dengan yang ada di kolam pemancingan.

Secara umum ekosistem danau masih alami sehingga ikan nil akan memiliki perilaku alami yang liar dan gesit karena ikan nila lebih aktif bergerak.

Melihat dari keadaan ikan nila yang masih liar, maka dibutuhkan umpan yang benar-benar disukai oleh ikan nila.

Sehingga dengan menggunakan umpan mancing ikan nila di danau kita bisa banyak mendapatkan target buruan ikan nila dengan daging yang lebih gurih. beberapa umpan ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin memancing ikan nila liar yang ada di danau :

advertisements

Umpan dengan lumut sawah

Umpan mancing ikan nila di danau bisa menggunakan umpan yang berbahan lumut yang banyak hidup dipersawahan. Lumut sawah yang bisa digunakan untuk umpan memancing adalah lumut yang berusia tua atau lumut yang sudah ranum.

Yang paling perlu diperhatikan adalah ukuran lumut yang panjang. Sehingga nanti lumut tersebut mudah untuk dikaitkan dengan mata pancing.

Lumut yang memiliki bentuk menyerupai rambut dengan warna hijau tua ini sangat mudah didapati di area sawah atau bisa juga didaerah parit kecil yang tergenang air.

Jika umpan mancing ikan nila di danau dengan menggunakan umpan lumut sawah ini maka ikan nila akan tertarik dan segera memakan umpan tersebut. Lumut juga sangat cocok untuk memancing nila liar yang berukuran induk atau babon.

Umpan dengan cacing

Umpan mancing ikan nila di danau juga bisa menggunakan umpan dari cacing. Namun cacing yang digunakan tidak boleh sembarangan, hanya bisa menggunakan cacing laut atau cacing merah.

Ikan nila yang hidup di danau paling menggemari cacing laut, sehingga umpan dengan cacing jenis ini sangat efektif.

Cacing laut sebenarnya hanya sebutan saja untuk jenis cacing kecil-kecil dengan kaki lembut mirip dengan kelabang. Cacing ini banyak dijumpai di daerah sawah atau sungai-sungai kecil yang berdekatan dengan wilayah laut atau di kawasan pesisir pantai.

Jika sulit menemui di alam, Anda bisa membeli cacing ini di toko-toko penjual pakan burung atau di toko khusus perlengkapan mancing.

Tips jika Anda ingin menggunakan umpan mancing ikan nila di danau, maka gunakanlah umpan cacing laut. Karena cacing laut yang dikaitkan dengan mata pancing itu mudah putus ketika digunakan.

Maka tak ada salahnya jika Anda membawa cadangan cacing laut yang lebih banyak agar Anda tidak kehabisan umpan ketika tengah bergelut dengan ikan nila liar yang besar.

advertisements

1 Comment on Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM