Umpan Ikan Gabus Tiruan Sederhana

Umpan Ikan Gabus Tiruan Sederhana

Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang cukup mudah dipancing. Jumlahnya pun banyak sehingga tidak termasuk dalam kategori hewan langka. Ikan ini biasa dijadikan bahan konsumsi bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai.

Advertisements

Untuk memancing ikan gabus, tetap memerlukan umpan. Umpan ikan gabus tiruan sederhana bisa menjadi alternatif jika Anda merasa tidak ingin repot membeli umpan ikan jadi yang mahal.

Pertama-tama sebelum membuat umpan tiruan ini, Anda perlu tahu, apa saja yang dimakan oleh ikan gabus. Dengan mengetahui apa yang senang dimangsanya, dengan sendirinya Anda akan menemukan bentuk umpan yang Anda cari.

Beberapa Umpan Ikan Gabus Tiruan Sederhana Namun galak

Umpan Ikan Gabus Tiruan Sederhana

Ikan gabus sendiri memilih kodok kecil, ikan kecil, dan bahkan tikus. Dibilang memilih pun kurang tepat, karena ikan jenis ini menganggap apapun yang berukuran kecil dan bergerak sebagai mangsa. Namun, untuk umpan yang jitu, biasanya digunakan umpan froggy dan tikus.

Jika sudah, Anda tinggal memilih, makanan macam apa yang ingin Anda tiru, karena biasanya ikan memakan beberapa jenis makanan sekaligus.

Untuk yang mudahnya, Anda dapat memilih umpan ikan gabus berbentuk kodok. Berikut akan disebutkan alat dan bahannya.

advertisements
  1. Alat:
    1. Cutter, atau pisau juga boleh
    2. Amplas halus, sedang, dan kasar
    3. Tang jepit
    4. Bor dan paku
    5. Solder
    6. selotip
  2. Bahan:
    1. Lem epoxy
    2. Bandul pancing yang kecil
    3. Timah solder
    4. Kawat stainless steel
    5. Kayu/ karet/ gabus/ plastik sebagai bahan baku
  3. Cara:
    1. Pertama, serut atau bentuk bahan baku, kemudian amplas hingga halus.
    2. Hias menggunakan plastik, dan cat hingga menyerupai kodok.
    3. Bor bagian depannya, kemudian pasang kawat stainless steel dan paku.
    4. Panaskan solder, siapkan timah solder. Bagian mulut tersebut disambungkan dnegan kawat.
    5. Selanjutnya, tinggal memasang mata pancing, dan jadilah umpan ikan gabus tiruan sederhana jenis froggy.

Saat sudah jadi, yang perlu dilakukan adalah mengaitkan mata pancing dan kali pancing. Setelah itu, jangan lupa, ketika sedang memancing ikan gabus, goyang-goyangkan umpan akan membantu. Jangan terlalu keras menggoyangkannya karena ikan bisa jadi malah berenang menjauh.

Kalau belum bisa menerapkannya dengan benar, hiasilah umpan tiruan Anda dengan rumbai-rumbai. Jadi, ketika di dlam air, rumbai-rumbai tersebut akan terlihat seperti bergerak. Dan akan menarik perhatian si ikan gabus.

Selain ikan gabus, ikan toman juga bisa dipancing menggunakan umpan ini. Karenanya umpan ini bisa dibilang serbaguna. Lalu, kalau bisa, targetkan ikan yang besar.

Kalau menggunakan umpan ikan gabus tiruan sederhana jenis froggy ini, ikan kecil akan sulit ditangkap. Jadi, mau tidak mau, Anda akan mendapatkan hasil tangkapan yang didominasi ikan gabus besar. Bagaimana, asyik bukan?

advertisements
loading...

Facebook Comments