Teknik Mancing Ikan Baung di Sungai Dengan Umpan Racikan Sendiri

Teknik Mancing Ikan Baung di Sungai Dengan Umpan Racikan Sendiri

Ikan baung merupakan ikan yang hampir sama seperti ikan lele. Tubuhnya licin dengan lendir, memiliki kumis dan patil yang menjadi alat perlindungan diri dari ancaman. Ikan baung yang hidup di sungai sering kali dijadikan target oleh pemancing.

Advertisements

Ada beberapa teknik mancing ikan baung di sungai dengan umpan racikan sendiri yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu sebelum berangkat memancing ikan baung.

Walaupun bisa dipancing, sebenarnya ikan baung lebih mudah ditangkap dengan jaring. Namun bagi mancing mania tentu semakin sulit dan lama, memancing akan semakin asyik.

Cara mudah mancing ikan baung dengan umpan racikan

Teknik Mancing Ikan Baung di Sungai Dengan Umpan Racikan Sendiri

  1. Tempat memancing

Ikan yang hidup di air tawar ini banyak di temukan di daerah muara. Jika Anda ingin mencari spot memancing terbaik pilihlah sungai yang dekat dengan laut. Tempat tersebut merupakan tempat tinggal favorit untuk ikan baung.

Selain itu sungai yang pinggirannya banyak mengandung lumpur juga menjadi spot terbaik untuk memancing ikan baung.

Lumpur sering digunakan untuk ikan baung bersembunyi atau pun berdiam diri ketika tidak mencari makan. Pilihlah area yang banyak rintangan seperti sampah atau ranting pohon dan bebatuan karena area tersebut sangat disukai oleh ikan baung.

advertisements
  1. Umpan

Ikan baung termasuk golongan kamnivora atau pemakan segala. Ikan yang bisa mencapai bobot 2 hingga 4 kg ini dapat dipancing dengan umpan yang memiliki bau yang menyengat.

Teknik mancing ikan baung dengan umpan racikan sendiri adalah dengan membuat umpan campuran antara cacing dan usus ayam. Keunggulan menggunakan dua bahan ini adalah cacing yang memang menjadi makanan alaminya ikan baung di alam liar.

Usus ayam dapat mempercepat ikan baung mendekati umpan karena bau usus ayam yang sangat kuat terlebih lagi jika sudah busuk.

Anda dapat membuat umpan dari bahan tersebut dan menyimpannya terlebih dahulu agar aromanya lebih menyengat untuk menarik ikan baung.

  1. Waktu memancing

Jika hidup liar di sungai ikan baung lebih gemar berburu mangsa pada saat gelap atau malam hari. Sedang siang harinya lebih banyak digunakan untuk diam menyelimuti tubuhnya ke dalam lumpur.

Bagi mancing mania yang ingin memancing ikan baung sebaiknya tidak memancing saat bulan sedang purnama atau bersinar terang.

Pilihlah waktu malam hari ketika bulan sudah melewati masa purnama menuju bulan baru. Saat-saat itulah ikan baung sangat aktif untuk mencari makan. Jangan lupa untuk membawa alat bantu penerangan Anda sendiri saat memancing ikan baung pada malam hari.

Itulah beberapa informasi mengenai teknik mancing ikan baung di sungai dengan umpan racikan sendiri.

Jika ingin dibawa pulang sebaiknya pilih ikan yang sudah cukup besar dan jangan lupa untuk mengembalikan ke sungai jika ukurannya masih kecil. Hal tersebut bertujuan agar kelangsungan hidup alami ikan baung dapat terjaga dan terus berkembang biak.

advertisements

Facebook Comments