18 Desember 2017

Kelebihan Umpan Rapala Untuk Ikan Tenggiri

Bosan memancing di tempat yang itu-itu aja? Rasanya terlalu jenuh bila memancing selalu di perairan air tawar dimana hanya terdiri ikan kecil dan tidak begitu agresif sehingga membuat semangat adrenalin pun kian tumpul.

Advertisements

Apalagi bagi para pemancing handal yang sudah menguasai berbagai teknik memancing dan memerlukan suatu tantangan yang berbeda? Maka memancing di laut bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi kebosanan anda. Jelas, karena laut lebih kaya akan variasi ikan.

Selain itu, ikan-ikan yang ada di laut cenderung lebih besar dan agresif seperti baracuda, tenggiri, hiu dsb. Tentu saja ini bisa memberikan tantangan tersendiri bagi para pemancing mania. Biasanya alat-alat untuk memancingnya pun tentu berbeda termasuk umpan yang digunakan.

Banyak yang menyatakan kalau memilih umpan lebih baik pakai rapala saja apalagi bila untuk berburu tenggiri. Apa saja kelebihan umpan rapala untuk ikan tenggiri? Juga bagi para pemancing pemula yang ingin menambah wawasan seputar memancing, memang apa gerangan itu umpan rapa

Umpan Rapala Cocok untuk Mancing Ikan Tenggiri Di laut

Kelebihan Umpan Rapala untuk Ikan Tenggiri

Umpan rapala sendiri merupakan sejenis umpan dalam berbentuk replika ikan. Jenis umpan ini sering digunakan untuk memancing target ikan karnivora contohnya saja seperti ikan tenggiri ini.

advertisements

Para pemancing dalam menentukan umpan di laut biasanya menggunakan umpan asli atau buatan (artificial) untuk mencoba memancing sasaran.

Hanya saja bagi pemancing di laut wajib untuk menggunakan umpan hidup, agar peluang untuk bisa menarik perhatian ikan sasaran menjadi lebih besar. Namun umpan buatan selalu dijadikan pilihan juga, karena ada banyak sekali kelebihan dari umpan palsu seperti rapala ini.

Memancing dengan mengandalkan umpan artificial seperti rapala ini biasa disebut teknik trolling. Namun kadang teknik trolling ini sering digunakan pula untuk umpan asli.

Bagi yang belum tahu, teknik trolling itu seperti memancing dalam kondisi kapal digerakkan pelan, hal ini agar umpan yang digunakan terlihat sungguhan, bergerak eksotis sehingga menarik perhatian ikan sasaran.

Sebetulnya selain umpan artificial rapala ada juga jenis umpan lainnya yaitu konahead. Dibandingkan menggunakan umpan sungguhan, umpan palsu seperti ini cenderung lebih banyak digunakan pemancing. Mengapa bisa begitu?

Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam memancing, yaitu kualitas umpan.Ikan seperti tenggiri dan predator lainnya cenderung lebih tertarik dengan umpan dengan warna mencolok.

Nah, kelebihan umpan rapala untuk ikan tenggiri maka desainnya pun bisa lebih disesuaikan lagi baik dari segi bentuk dan paduan warna untuk menarik perhatian ikan, berbeda dengan umpan sungguhan yang cenderung jarang ada yang memiliki warna mencolok.

Ikan tenggiri cenderung lebih tertarik dengan warna daripada aroma, jadi penggunaan umpan rapala lebih menguntungkan.

Selain itu penggunaan umpan rapala biasanya sudah di desain dengan bahan-bahan yang kuat seperti fiberglass, kayu abachi dsb. Sehingga umpan tidak mudah lepas dimakan oleh ikan.

Berbeda dengan menggunakan umpan sungguhan yang sifatnya mudah hancur bila diterkam ikan tenggiri. Apalagi sifat ikan tenggiri yang sangat gesit dan kekuatan gigitannya kuat, jadi penting sekali untuk memiliki umpan yang kuat juga.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM