18 Desember 2017

Cara Membuat Umpan Palsu Paling Sederhana

Umpan palsu atau umpan tiruan merupakan umpan mainan yang dibuat dari bahan plastik, karet, kayu, atau fiber dan dibuat menyerupai umpan sungguhan.

Advertisements

Umpan tersebut digunakan untuk mengganti umpan sebenarnya yang mungkin bagi sebagian orang tidak memiliki cukup waktu untuk mencarinya atau bahkan jijik dengan umpan ikan yang sebenarnya. Harga umpan tiruan sangatlah beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Namun bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri umpan tiruan, Anda harus mengetahui cara membuat umpan palsu paling sederhana.

Cara tersebut cocok bagi Anda sebagai pemula yang baru pertama kali ingin mencoba membuat umpan tiruan atau umpan palsu. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:

Membuat Umpan Palsu Paling Mudah

Cara Membuat Umpan Palsu Paling Sederhana

  1. Tentukan Jenis Umpan Palsu yang Akan Dibuat

Jenis umpan palsu yang dijual di pasaran sangatlah bervariasi. Umpan-umpan palsu tersebut dibuat menyerupai umpan sungguhan sesuai dengan jenis ikan yang biasa dipancing.

Terdapat beberapa umpan palsu yang banyak diminati oleh masyarakat bila dibandingkan dengan jenis umpan palsu yang lain. Umpan palsu tersebut yaitu umpan jenis minnow, spoon, dan frogy. Umpan palsu jenis minnow merupakan jenis umpan yang dibuat menyerupai ikan-ikan kecil.

Sedangkan umpan palsu jenis frogy dibuat menyerupai kodok. Umpan jenis minnow dan frogy biasanya dibuat dari kayu ataupun plastik.

advertisements

Namun berbeda halnya dengan minnow dan frogy, umpan jenis spoon yang bentuknya menyerupai sendok dibuat dari bahan logam.

  1. Sediakan Alat dan Bahan

Sebelum membuat umpan palsu, hal penting yang perlu Anda siapkan adalah alat dan bahan. Bahan yang biasa dipakai yaitu kayu, plastik, dan logam.

Tetapi biasanya, jika Anda ingin membuat sendiri umpan palsu, lebih baik gunakan kayu untuk jenis umpan minnow dan frogy, serta sendok bekas untuk jenis umpan spoon. Sedangkan bahan plastik biasanya dipakai oleh produsen pabrik yang memproduksi umpan palsu secara massal.

Bahan yang digunakan untuk membuat umpan palsu sederhana adalah balok kayu atau sendok stainless steel, lem, kawat, kancing, ring baja, dan mata kail. Sedangkan alat yang dibutuhkan di antaranya cutter atau pisau, gergaji besi, tang kecil, amplas halus, pensil atau spidol, kuas, serta cat.

  1. Mulailah Membuat

Cara membuat umpan palsu paling sederhana berikutnya adalah menyediakan dua balok kayu dengan ukuran sesuai keinginan atau sendok sebagai bahan dasar. Jika Anda ingin membuat dengan balok kayu, maka cat terlebih dahulu dengan cat warna putih.

Setelah cat kering, buat pola dengan pensil atau spidol. Setelah pola selesai dibuat, gergaji sesuai pola, serut dengan cutter, dan haluskan dengan amplas. Jika sudah selesai, satukan dua buah balok kayu tersebut dan sisipkan kawat di bagian tengah lalu beri lem.

Setelah mengering, cat dengan warna sesuai keinginan Anda dan Anda dapat menggunakan kancing kecil sebagai manik-manik.

Sedangkan untuk sendok, pakai bagian kepala sendoknya dan haluskan dengan ampelas juga. Setelah itu, lubangi bagian depannya dan masukan ring baja. Rapikan dengan tang dan tambahkan kail.

Itulah beberapa cara membuat umpan palsu paling sederhana. Meskipun hasilnya tidak sebagus umpan palsu buatan pabrik atau orang yang sudah berpengalaman, tetapi Anda pasti dapat merasakan kepuasan tersendiri karena berhasil membuatnya sendiri.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM