Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing

Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing

Ikan mujair memiliki karakteristik tubuh berwarna abu-abu agak kehitaman dengan corak warna kuning. Cita rasanya sangat nikmat sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli atau memancingnya.

Advertisements

Bagi orang yang lebih suka memancing, pastinya ingin mengetahui cara memancing ikan mujair dengan umpan cacing yang benar agar mendapatkan hasil yang banyak. Pemancing lebih menyukai umpan cacing karena umpan ini lebih mudah didapatkan.

Selain bisa dicari sendiri di tanah, cacing juga bisa dibeli dengan mudah di toko-toko pakan ikan dan ternak. Inilah yang menjadi keunggulan cacing.

Di lain sisi, umpan cacing dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan umpan lainnya. Jadi tidak heran jika umpan ini menjadi primadona di kalangan para pemancing.

Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing

Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing

Umpan cacing bisa diperoleh dari tanah lembab yang ada di kebun dengan cara disekop atau di cangkul. Jika menggunakan umpan cacing, sangat dianjurkan untuk Anda memancing mujair rawa atau danau yang perairannya tenang.

Untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah cara memancing ikan mujair menggunakan umpan cacing.

  1. Joran

Cara memancing ikan mujair dengan umpan cacing yang pertama adalah pilihlah joran yang tegak dan agak panjang.

advertisements

Alat pancing harus Anda perhatikan agar ikan mujair tertarik dengan umpan Anda. Untuk ukuran joran ada baiknya tidak melebihi 1,5 meter.

Sementara untuk senarnya, Anda bisa memakai senar berukuran 4 lb. Pasalnya ukuran tersebut cukup ringan untuk menarik ikan mujair dari air. Untuk mata kailnya, Anda bisa memakai nomor 7 baik yang biasa maupun carbon.

  1. Rangkaian line

Untuk memancing ikan mujair, rangkaian line yang sebaiknya dipakai adalah dua buah mata pancing. Mata pancing ini kemudian diikat simpul menjadi satu dan dibuat seperti berlawanan arah.

Sekitar 20 cm dari atas mata pancing, Anda tambahkan pelampung untuk mengetahui apakah ikan mujair sudah memakan umpan cacing yang Anda siapkan atau belum. Saat ikan memakan umpan Anda, maka pelampung akan bergerak-gerak.

  1. Tempat strategis

Setelah semua peralatan memancing Anda sudah lengkap, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mencari tempat memancing yang strategis.

Tempat memancing yang baik adalah yang tidak terlalu berdekatan dengan pemancing lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kail tersangkut dengan kail pemancing lain.

Untuk habitatnya, Anda bisa mencari perairan yang tenang dan cukup banyak lumut. Karena pada dasarnya, makanan yang sering dikonsumsi ikan mujair adalah lumut halus yang ada di dasar kolam.

Umpan cacing bukanlah hal yang baru. Karena sebelum ada umpan buatan, cacing dipakai untuk menarik perhatian ikan di sungai dan danau.

Selain murah dan mudah dicari, cacing juga tahan lama  sehingga bisa dipakai untuk beberapa kali pemancingan. Sekian ulasan mengenai cara memancing ikan mujair dengan umpan cacing.

advertisements
loading...

Facebook Comments