Cara Memancing Ikan Gabus di Sawah

Cara Memancing Ikan Gabus di Sawah

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diburu para pemancing. Selain karena rasanya yang sangat gurih, memancing ikan ini juga tidak hanya bisa dilakukan di tambak atau sungai saja, tetapi juga di areal persawahan.

Advertisements

Cara memancing ikan gabus di sawah sendiri tak jauh berbeda dengan cara memancing ikan gabus di tempat lain.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca uraian di bawah ini yang akan menjelaskan trik memancing ikan gabus di area persawahan.

Trik Sederhana Memancing Ikan Gabus

Cara Memancing Ikan Gabus di Sawah

1. Pemilihan lokasi pemancingan yang tepat

Jika Anda ingin memancing ikan gabus di persawahan, Anda harus memperhatikan lokasi yang tepat untuk memancingnya.

Tanda-tanda lokasi yang terdapat banyak ikan gabus sendiri dapat dikenali melalui banyak cara, salah satunya seperti adanya rerumputan atau padi yang membentuk lingkaran.

Lokasi yang memiliki tanda seperti ini terbukti terdapat banyak ikan gabus karena di dalam lingkaran tersebutlah biasanya ikan gabus meletakkan telurnya.

Anda juga bisa mengidentifikasi tempat yang banyak ikan gabus dari adanya anakan-anakan ikan gabus. Sebagian besar anakan tersebut pasti akan diikuti oleh induk ikan gabus pula jadi akan memudahkan Anda untuk menangkapnya.

advertisements

2. Umpan yang sesuai dengan area persawahan

Cara memancing ikan gabus di sawah yang selanjutnya yaitu menentukan pilihan untuk umpan yang akan digunakan. Ikan gabus termasuk ikan yang ganas dan terkenal sebagai ikan hiunya air tawar.

Jika Anda ingin lebih mudah mendapatkan ikan gabus di sawah, Anda bisa menggunakan umpan anakan kodok.

Umpan ini lebih baik digunakan di sawah dibandingkan dengan umpan jenis yang lain karena ikan gabus akan jauh lebih ganas mengejar kodok.

Namun, Anda juga harus berhati-hati karena umpan kodok tak hanya menjadi santapan lezat bagi ikan gabus saja tetapi juga untuk ular sawah.

3. Alat pancing yang sesuai

Meskipun Anda termasuk seorang pemancing yang sudah memiliki alat-alat pancing yang canggih, Anda juga harus menyesuaikan dengan lokasi di mana Anda memancing terlebih dahulu.

Jika Anda memancing ikan gabus di areal sawah, Anda cukup menggunakan alat pancing yang biasa karena dengan alat pancing biasa pun Anda tetap akan mendapatkan cukup banyak ikan jika menggunakan umpan yang tepat.

Jika Anda sudah melakukan tips-tips yang telah dijelaskan di atas, Anda akan lebih mudah untuk bisa memancing ikan gabus di tempat mana pun, termasuk di area persawahan sekalipun.

Namun, meskipun cara memancing ikan gabus di sawah tersebut sudah dilakukan, keberhasilan memancing Anda juga ditentukan oleh faktor teknis yang Anda gunakan dalam memancing, atau istilah mudahnya adalah kemampuan memancing Anda.

Tak hanya itu saja, ikan gabus di sawah juga hanya ada di musim-musim tertentu jadi Anda harus selalu memperhatikan hal tersebut.

advertisements

Facebook Comments