Cara Memancing Ikan Gabus Dengan Umpan Tiruan

Cara Memancing Ikan Gabus Dengan Umpan Tiruan

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti hepatitis, diabetes, tifus, serta stroke.

Advertisements

Bagi Anda yang suka memancing, Anda harus mengetahui cara memancing ikan gabus dengan umpan tiruan.

Dari pada membeli di pasar modern maupun pasar tradisional, lebih baik Anda memancingnya sendiri. Selain meminimalisasi pengeluaran karena ikan gabus banyak ditemukan di danau, rawa, atau sungai,

Anda juga dapat memuaskan hobi memancing Anda tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan adanya umpan tiruan, Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari ikan-ikan kecil, belalang, jangkrik, ulat daun pisang, cacing tanah atau kodok sebagai umpan ikan gabus. Berikut cara memancing dengan umpan tiruan:

Tips Dan Trik Ikan Gabus Dengan Umpan Tiruan

Cara Memancing Ikan Gabus Dengan Umpan Tiruan

  • Cari Informasi Tentang Umpan Tiruan

Meskipun banyak di kalangan masyarakat yang mempunyai hobi memancing terutama kaum laki-laki, tetapi tidak semuanya mengetahui cara memancing ikan gabus dengan umpan tiruan.

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya, apa itu umpan tiruan? Bagaimana bentuknya? Di mana Anda bisa mendapatkannya? Umpan tiruan dapat dikatakan sebagai salah satu inovasi di dunia pemancingan.

Umpan tiruan atau dikenal juga dengan umpan palsu merupakan umpan mainan yang dibuat dari bahan plastik, karet, kayu, atau fiber dan dibuat menyerupai umpan sungguhan.

Tujuan dibuatnya umpan tiruan ini adalah untuk mempermudah para pemancing dalam mencari umpan sebenarnya apalagi pemancing yang jijik terhadap ulat, cacing tanah, ataupun kodok.

advertisements
  • Beli Umpan Tiruan

Umpan tiruan dapat Anda temukan di toko-toko yang menjual peralatan memancing lengkap di sekitar tempat tinggal Anda. Bentuknya sangatlah beragam dengan bahan dasar dan perpaduan warna yang berbeda.

Bentuk umpan tiruan yang paling terkenal di kalangan masyarakat yang hobi memancing ikan gabus adalah bentuk kodok atau sering disebut frogy. Frogy ini pun memiliki beberapa jenis yang berbeda seperti soft frogy atau soft frogy lure, hard frogy, serta jump frogy.

Masing-masing dari mereka dibuat dari bahan yang berbeda serta memiliki karakteristik yang berbeda pula.

Sehingga harga yang ditawarkan pun akan berbeda. Anda beli saja sesuai dengan keinginan Anda dan tentunya dengan tetap memerhatikan kondisi keuangan Anda.

  • Bedakan Umpan Tiruan yang Anda Beli

Seperti yang telah di atas, jenis umpan tiruan itu banyak. Agar tidak salah dalam memancing nanti, Anda harus bisa membedakan jenis umpan yang satu dengan yang lainnya karena penggunaannya pasti berbeda.

Umpan tiruan jenis soft frogy atau soft frogy lure merupakan umpan tiruan yang sama dibuat dari bahan karet namun bentuknya tidak terlalu mirip dengan kodok aslinya.

Bedanya, jika soft frogy lure memakai iming-iming tambahan seperti bulu ayam atau sejenisnya pada bagian ekor kodok sebagai daya tarik ikan gabus, jenis soft frogy tidak.

Berbeda halnya dengan soft frogy atau soft frogy lure, biasanya jenis umpan tiruan hard frogy dibentuk hampir menyerupai kodok sungguhan dengan bahan dasar kayu dengan atau tanpa iming-iming.

Sedangkan jenis jump frogy biasanya dibentuk menyerupai jenis soft frogiy namun dibuat dengan bahan dasar kayu.

Itulah beberapa cara memancing dengan ikan gabus. Apa pun jenis umpan tiruan yang Anda pakai, yang paling penting adalah Anda mengetahui betul bagaimana cara memancing ikan gabus dengan umpan tiruan.

Teknik memancing ikan gabus dengan umpan tiruan biasa dikenal dengan sebutan teknik casting. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar kail, kemudian mengulurnya, setelah itu dilempar lagi. Tujuannya agar ikan gabus tertarik dan segera meyambar umpan tiruan yang Anda pasang.

advertisements

Facebook Comments