18 Desember 2017

Cara Mancing Udang Lobster Laut Paling Mudah Hasil Melimpah

Lobster atau udang besar air laut adalah komoditi laut paling menjanjikan bagi para nelayan. Rasanya yang lezat sangat disukai penikmat masakan seafood hingga mempengaruhi harga jualnya juga.

Advertisements

Karena harganya yang bisa dibilang mahal, banyak nelayan yang kemudian mencoba untuk mendapatkan udang raksasa ini. Beberapa nelayan dari berbagai wilayah di Indonesia memiliki cara tersendiri menangkap hewan satu ini.

Berbagai cara memancing udang lobster paling mudah hasil melimpah pun diterapkan para nelayan. Mulai dari cara sederhana hingga cara yang paling ekstrem dan berbahaya pun dilakukan.

Salah satu cara memancing udang lobster laut paling mudah hasil melimpah yang dikembangkan nelayan pantai selatan Yogyakarta terkenal dengan nama Krendet.

Cara Mancing Udang Lobster Laut Sederhana

Cara Mancing Udang Lobster Laut Paling Mudah Hasil Melimpah

Krendet ini berbentuk seperti jaring yang disusun pada kerangka besi. Diameter kerangka besi yang digunakan berukuran kurang lebih 4mm dan kerangka yang dibentuknya memiliki garis tengah 80 cm. Kemudian tali krendet terbuat dari bahan multifilament polyethylene (PE) bergaris tengah 3 mm.

advertisements

Panjangnya disesuaikan dengan ketinggian tebing atau jarak lempar yang diinginkan. Nelayan di pantai selatan biasanya menggunakan tali sepanjang 100 m. Tali ini berfungsi untuk menarik krendet dari dasar laut.

Krendet ini dioperasikan dengan cara melemparnya dari atas tebing. Untuk tebing yang rendah, krendet bisa dilempar dengan tangan biasa. Namun, jika tebingnya tinggi biasanya nelayan menggunakan cagak atau kayu penyangga.

Keunggulan dari krendet ini adalah karena konstruksinya yang tersusun dari jaring yang berukuran mata besar dan dioperasikan pada daerah berkarang hanya memungkinkan untuk menangkap lobster dan kepiting.

Sebagai contoh salah satu nelayan pantai selatan mengoperasikan 10 krendet dalam 12 hari dari atas tebing perairan. Waktu pengoperasian dimulai dari pukul 16.00 hingga pagi hari. dan hasilnya bisa dibilang lumayan besar.

Dengan hasil tangkapan lobster laut dan kepiting bakau bisa mencapai jumlah lebih dari 100 ekor. Disinilah keistimewaan alat ini. Dengan sekali pengoperasian, nelayan lobster sudah bisa mendapatkan hasil yang cukup banyak.

Selain itu alat ini ramah lingkungan karena sama sekali tidak menggunakan bahan kimia atau bahan peledak yang dapat membahayakan ekosistem laut.

Nah, cara memancing udang lobster laut paling mudah hasil melimpah ini bisa Anda terapkan untuk memancing lobster sendiri. Disarankan agar Anda memancing di lokasi yang tidak bertebing karena bagi nelayan yang belum profesional, memancing lobster di lokasi bertebing bisa saja membahayakan.

Selain itu, ada pula cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan perangkap lobster yang biasa disebut bubu.

Namun cara ini tak menjamin Anda mendapatkan hasil yang melimpah, karena harus dioperasikan satu persatu. Cara apapun yang Anda lakukan asalkan aman dan tidak membahayakan diri sendiri bisa Anda coba.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM