18 Desember 2017

Cara Mancing Kepiting Rajungan

Apakah Anda penggemar seafood? Jika iya, jenis ikan apa yang Anda sukai? Namun jika Anda pecinta seafood tentu tidak asing dengan yang namanya kepiting rajungan bukan? Namun tahukah Anda bahwa kepiting dan rajungan itu tidak sama?

Advertisements

Rajungan adalah spesies dari kepiting, akan tetapi rajungan biasanya hidup di laut, bahkan jarang rajungan yang berenang ke permukaan tentunya berbeda dengan kepiting. Kepiting hidup di air tawar dan sering berjalan ke permukaan atau ke pinggir-pinggir pantai.

Pada umumnya, rajungan biasanya memiliki capit yang lebih pipih dan juga lebih panjang, namun kepiting justru sebaliknya, kepiting memiliki kaki yang lebih pendek.

Namun banyak nelayan yang tetap mancing kepiting rajungan untuk dijual ke beberapa rumah makan agar dijadikan sebagai makanan seafood yang lezat.

Tips Memancing Kepiting Rajungan Bagi Pemula

Cara Mancing Kepiting Rajungan

Bagi Anda yang tertarik untuk mancing kepiting rajungan, maka Anda bisa memperhatikan apa saja yang harus Anda lakukan sebelum memancing kedua hewan ini, di antaranya sebagai berikut ini :

  • Menentukan waktu yang tepat.

Waktu yang tepat untuk memancing kepiting maupun rajungan yaitu di malam hari seperti waktu subuh hingga matahari akan terbit, karena pada saat ini kepiting atau rajungan akan naik ke permukaan air.

advertisements
  • Menentukan lokasi yang tepat. Untuk lokasi yang tepat, biasanya di daerah hutan bakau, di sungai, maupun di sekitar danau.
  • Alat yang tepat. Alat yang biasa digunakan yaitu joran bamboo yang memiliki panjang 1,5 hingga 2 meter.

Selain beberapa tips di atas, ada tips lain yang harus Anda persiapkan juga sebelum memancing rajungan, salah satu hal tersebut adalah dengan memilih umpan yang tepat.

Kepiting dan juga rajungan adalah hewan yang bisa dibilang cukup ganas dan juga rakus, maka dari itu jika Anda ingin memasak kepiting maupun rajungan ini sebaiknya berikan juga umpan yang menarik untuk mereka dan cukup mengenyangkan yaitu ikan kecil, udang, katak, bahkan potongan belut dan potongan daging ular juga bisa Anda gunakan sebagai umpan memancingnya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tips cara mancing kepiting rajungan. Sebelum Anda memancing juga perlu memperhatikan teknik yang tepat agar cepat dan tepat mengenai sasarannya.

Cara atau teknik memancingnya yaitu pertama-tama masukkan tali ke dalam sungai atau lubang persembunyian kepiting, pastikan umpan yang Anda berikan di dalam tali tersebut mencapai dasar sungai, jika tali atau senar yang Anda masukkan ke dalam sungai mulai menegang.

Maka Anda bisa menariknya namun usahakan menarik dengan perlahan-lahan agar mulut kepiting atau rajungan yang Anda tangkap tidak robek, atau kepiting rajungan tidak akan melakukan perlawanan.

Jika sudah terlihat mendekati permukaan, maka Anda bisa menyeroknya dengan menggunakan jaring. Tentunya cara ini tidak akan menyakiti kepiting maupun rajungan yang Anda pancing.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM