18 Desember 2017

Cara Mancing Kakap Putih di Tambak dan Pinggir Laut

Memancing ikan kakap putih menjadi salah satu kegiatan memancing yang menyenangkan. Ikan kakap putih yang berada di tambak lebih disukai.

Advertisements

Namun ada juga spot lain untuk memancing kakap putih yaitu di pinggiran laut. Terdapat cara mancing kakap putih di tambak dan pinggir laut. Perlu Anda ingat bahwa ikan kakap putih hidup di perairan yang tingkat keasinannya rendah.

Ikan ini tidak bisa ditemui di perairan yang tawar. Simak uraian di bawah ini untuk Anda yang ingin memancing ikan kakap.

Panduan Pemula Mancing Kakap Putih di Tambak dan Pinggir Laut

Cara Mancing Kakap Putih di Tambak dan Pinggir Laut

  1. Memilih waktu

Seperti kebanyakan nelayan yang selalu memperhatikan waktu dalam mencari ikan. Mancing mania juga perlu mempelajari waktu terbaik untuk memancing ikan kakap putih. Sore hari atau malam hingga dini hari menjadi waktu yang paling tepat untuk memancing ikan ini.

Selain itu mancing mania juga harus memperhatikan perubahan bulan, sebaiknya tidak mancing pada saat bulan terang atau purnama. Saat-saat tersebut menjadi waktu bagi ikan kakap putih untuk melakukan perkawinan.

Bagi Anda yang pergi untuk memancing kakap putih pilihlah waktu saat bulan gelap hingga bulan baru. Jika diperlukan bawalah senter dan perlengkapan lain pada saat memancing di kegelapan.

advertisements
  1. Menggunakan umpan asli

Mancing mania yang ingin menggunakan umpan asli dapat memakai udang putih untuk memancing ikan kakap. Sebaiknya udang dalam keadaan hidup saat dimasukan ke dalam air.

Cara mancing kakap putih di tambak dan pinggiran laut yang benar menggunakan udang adalah tidak menancapkan kail pada kepala udang. Lilitkan senar pancing pada bagian ekor udang agar udang tetap bisa bergerak untuk memancing ikan kakap datang.

Semakin cepat bergerak udangnya, maka kakap putih akan lebih tertarik untuk menyambarnya. Pastikan kail yang digunakan tajam dan dekat dengan umpannya.

  1. Memakai umpan buatan

Ikan kakap putih selain dipancing dengan udang hidup juga bisa menggunakan umpan buatan atau lure dengan jenis top lure. Top lure atau umpan yang mengambang lebih cepat disambar oleh ikan kakap putih. Gerakan umpan tersebut agar terlihat lebih hidup dan nyata.

Cipratan-cipratan juga air diperlukan untuk menarik perhatian kakap putih. Ada juga teknik menggunakan pelampung dengan konsentrasi yang tinggi. Mancing mancing harus tetap memperhatikan pelampung pancingnya sehingga ketika bergerak bisa langsung ditarik ke luar air.

Teknik ini digunakan jika mancing mania memilih spot yang ada rintangan di permukaan airnya dan joran tidak bisa mendekati air. Joran yang cocok untuk mancing ikan kakap putih adalah yang kuat sehingga lebih mantap saat beradu dengan ikan.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mancing kakap putih di tambak dan pinggir laut. Hal yang paling saat memancing adalah memastikan umpan bergerak sehingga ikan kakap bersedia mendekati umpan Anda, jika perlu buatlah gerakan yang membuat permukaan air bergerak namun jangan terlalu keras

advertisements

1 Comment on Cara Mancing Kakap Putih di Tambak dan Pinggir Laut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM