18 Desember 2017

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan

Mancing adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan kesabaran. Tidak selamanya memancing berjalan dengan mudah, terkadang banyak kendala yang dijumpai.

Advertisements

Sebagai contoh adalah memancing di air tawar dengan ikan target yaitu ikan nila. Ikan nila adalah salah satu ikan yang banyak ditemui di sekitar kita. namun bagaimana jika dengan ikan nila yang susah makan?

Ikan nila adalah ikan dengan kategori pemakan atau predator yang lugas dan cepat. Namun ada juga saatnya ikan ini tidak merespon dengan umpan yang kita berikan. Sehingga pemancing akan merasa jengkel dengan perilaku seperti ini.

Lantas bagaimana cara mengakali agar umpan itu termakan oleh ikan nila yang susah makan? Beberapa kreasi cara mancing ikan nila yang susah makan berikut bisa membantu keadaan tersebut.

Begini Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan

Seperti yang sudah diketahui bersama jika ikan nilai adalah kategori ikan predator yang agresif. Namun sama halnya dengan manusia terkadang nafsu makan juga menurun.

Begitu juga dengan ikan nila yang susah makan biasanya dipengaruhi juga dengan mood sang ikan. Jadi butuh kreasi khusus untuk mengakali ikan yang sedang kurang mood makan tersebut, berikut caranya :

  1. Langkah pertama

Sebelum mengkreasikan umpan agar Anda bisa menerapkan cara mancing ikan nila yang susah makan tertarik dengan umpan pemancing.

Lakukan langkah awal berikut yang bisa membantu kesuksesan mancing Anda. Langkah pertama adalah menciptakan suasana atau keadaan air menjadi sedikit keruh serta berubah. Untuk menciptakan air yang sedikit keruh bisa menggunakan joran pancing yang biasa dipakai memancing.

Cara mancing ikan nila yang susah makan yaitu dengan sedikit memukul-mukulkan joran pancing ke permukaan air tempat hidup.

advertisements

Setelah terlihat sedikit mengeruh maka segera akhiri kegiatan tersebut. Selanjutnya Anda berusaha memastikan kondisi air dengan sirkulasi yang baik. Sehingga kandungan oksigen dalam air bisa masuk secara maksimal, sehingga ikan tidak merasa stres.

  1. Langkah kedua

Setelah langkah pertama sukses, untuk cara mancing ikan nila yang susah makan selanjutnya dengan menciptakan kondisi air yang sedikit terlihat keruh, maka selanjutnya adalah mulai menyiapkan umpan.

Untuk jenis yang umpan yang disarankan ada dua jenis. Jenis pertama adalah dengan menggunakan umpan dari cacing. Tetapi cacing yang digunakan tidak sembarangan.

Gunakan cacing yang hidup di batang pohon pisang yang sudah membusuk. Umpan jenis ini mudah didapatkan, dengan cara membongkar-bongkar batang pohon pisang di sekitar rumah yang sudah busuk, maka cacing yang diincar akan ditemui. Cacing pohon pisang busuk ini sangat ampuh untuk ikan nila.

Umpan berikutnya yang bisa dikreasikan untuk cara mancing ikan nila yang susah makan adalah lumut sawah.

Akan tetapi lumut sawah yang digunakan mesti dikolaborasikan dengan cuka asam serta garam dapur. Tujuannya sudah pasti agar ikan nila yang semula susah makan jadi mau makan dengan umpan cacing campur dengan cuka serta garam ini.

  1. Langkah ketiga

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk menaklukkan cara mancing ikan nila yang susah makan adalah dengan cara memancing yang berbeda.

Jika sebelumnya umpan yang akan dipergunakan sudah siap, maka tinggal memasang ke kail lalu siap untuk memancing.

Caranya yaitu dengan melempar umpan agak menjauh dari posisi pemancing agar ada ruang leluasa untuk menarik atau menggoyangkan umpan.

Gunakan joran untuk melempar umpan tersebut. Cara mancing ikan nila yang susah makan selanjutnya dengan melemparkan umpan tidak terlalu kencang agar tidak mengejutkan ikan di dalam air. Gunakan juga bandul dengan ukuran yang medium sehingga tidak mengejutkan ikan.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM