17 Januari 2018

Cara Mancing Ikan Merah Siang Malam Hari

Cara Mancing Ikan Merah – Ikan merah atau disebut juga ikan kakap merah adalah ikan laut yang hidupnya berkelompok.

Advertisements

Bobotnya bisa mencapai belasan kilo di kedalaman lebih dari 10 meter. Ikan kakap merah termasuk yang paling diincar oleh pemancing mania.

Cara mancing ikan merah pun memerlukan teknik tersendiri mengingat ikan ini senang berdiam di karang-karang, atau bangkai kapal.

Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan sebelum memancing ikan kakap merah ini, terlebih apabila ingin mendapat tangkapan jumbo.Baca Cara Mancing Galatama Bawal

Cara Mancing Ikan Merah Siang Malam Hari

Cara Mancing Ikan Merah Siang Malam Hari

Beberapa kelengkapan utama peralatan pancing yang harus disiapkan yaitu terdiri dari :

advertisements
  1. Alat pancing atau joran. Pilih yang berbahan grafit atau karbon dengan panjang 180-230 cm tipe fast tapper untuk laut dalam, dan juga tipe medium tapper dengan panjang 165-180 cm untuk laut dangkal. Joran yang ideal adalah kelas 2-4 kg atau bisa juga yang kelas 6-10 kg, dan dapat melengkung dari tengah hingga ujung.
  2. Tali pancing atau kenur. Gunakanlah yang berukuran 0,35 mm sampai dengan 0,45 mm. Atau bisa juga memakai kenur berbahan monofilament ukuran 10 lb – 40 lbs kelas 2-15 kg.
  3. Mata kail. Bisa gunakan ukuran 7 – 10 berbahan karbon. Sebagai tambahan, tentukan pula ikatan mata kail yang efektif untuk memancing ikan kakap merah ini. Ikatan kail apollo salah satunya, sangat cocok untuk memancing ikan kakap merah berbobot 2 – 6 kg. Buatlah rangkaian 1 – 3 kumis mata kail dengan jarak panjang kisaran 30 cm – 40 cm.
  4. Pemberat atau timbel. Pakailah pemberat 100 gram atau bisa juga lebih untuk mengantisipasi arus bawah laut.
  5. Umpan. Untuk menangkap kakap merah, umpan yang diperlukan bisa dibilang mudah. Bahkan ikan ini bisa dipancing dengan umpan yang sudah busuk sekalipun. Namun ada baiknya cara mancing ikan merah menggunakan umpan yang masih hidup seperti cumi-cumi, udang, sotong, ikan kembung, ikan selar, ikan kurisi, atau jeroan ikan. Bisa juga memakai umpan buatan seperti ichiku, metal jig, atau sabiki.

Harus diingat bagi pemancing bahwa ikan kakap merah hidup bergerombol dan memiliki pemimpin. Biasanya pemimpin ini memiliki tubuh yang lebih besar dan dapat memimpin koloninya mencari mangsa dengan mengambil posisi paling depan.Baca Cara Mancing Gabus Malam Hari

Apabila pemancing sudah mendapatkan strike, usahakan ikan segera diangkat untuk menghindari ikan lepas dan kabur se-koloni.

Waktu yang paling tepat memancing ikan kakap merah adalah sore hari hingga malam. Ikan ini lebih agresif mencari makan pada waktu-waktu tersebut.

Biasanya ikan kakap merah cenderung lebih senang memangsa makanan yang ada di depan mulutnya dan lebih tergoda melahap mangsa hidup.Baca Cara Mancing Gabus Dengan Jangkrik

Jadi, cara mancing ikan merah agar cepat makan umpan adalah dengan menarik ulur tali pancing dan segera angkat begitu umpan dilahap.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM