18 Desember 2017

Cara Mancing Ikan Lais Di Sungai Gunakan Umpan Ini

Cara Mancing Ikan Lais Di Sungai – Ikan lais atau biasa disebut ikan singarat hidup dalam habitatnya di muara sungai dengan kedalaman 5 – 10 meter.

Advertisements

Para pemancing yang mengetahui tempat berkumpulnya ikan ini dan sudah pengalaman cara mancing ikan lais di sungai akan segera mengambil tempat tersebut sebagai spot yang tepat untuk berburu.

Ikan ini suka bermigrasi secara bergerombol dari hilir menuju ke hulu sungai, dan pada beberapa titik ikan lais akan berkumpul dan memburu ikan-ikan kecil di sekitaran sungai. Ikan lais adalah salah satu ikan sungai yang menjadi target pemancing.

Cara Mancing Ikan Lais Di Sungai Gunakan Umpan Ini

Cara Mancing Ikan Lais Di Sungai Gunakan Umpan Ini

Berikut pengalaman pemancing yang dapat dijadikan teknik berburu ikan singarat :Simak juga Cara Mancing Gabus Malam Hari

advertisements
  1. Spot yang baik tempat berkumpulnya ikan lais adalah di muara sungai, yaitu anak sungai yang mengalir dan bermuara ke sungai yang lebih besar. Carilah tikungan atau belokan sungai di mana airnya agak dalam, atau yang disebut oleh masyarakat sekitar yaitu lubuk. Di lubuk inilah ikan lais banyak berkumpul dan mencari makan.
  2. Waktu yang tepat untuk memancing ikan lais adalah pada waktu subuh hingga pagi sebelum siang. Juga sore hari sampai menjelang malam. Sedangkan apabila ingin mengambil waktu tengah hari, sebaiknya pada saat cuaca sedang mendung.
  3. Umpan yang baik cara mancing ikan lais di sungai adalah dengan menggunakan umpan hidup seperti udang dan anak-anakan ikan. Dapat juga menggunakan umpan buatan seperti lure berjenis soft lure dan minnow.
  4. Pada saat strike, ikan lais tidak akan terlalu lama melakukan perlawanan, jadi pemancing akan dapat segera mengangkat ikan tanpa perlu berlama-lama fight. Hanya saja memang memerlukan kekuatan tangan dan joran yang cukup untuk menyeimbangkan kekuatan ikan lais ini.

Pada dasarnya teknik memancing ikan lais dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara tradisional yang diterapkan nelayan lokal dengan menggunakan umpan hidup seperti laron, cacing besar, dan ikan botia.Baca Cara Mancing Galatama Bawal 

Cara memancingnya pun unik karena nelayan-nelayan ini seperti sudah tradisi selalu melakukan gerakan-gerakan yang bertujuan untuk menarik ikan lais memakan umpan.

Teknik yang kedua yaitu teknik kasting dengan menggunakan umpan buatan. Pada teknik inilah memerlukan pengalaman mengenal spot yang baik dan waktu memancing yang tepat.

Selain itu pemancing pun harus mengenal tanda-tanda saat ikan lais berkumpul di sungai, yaitu dengan memperhatikan adanya ikan-ikan kecil yang berlompatan ke permukaan air seperti dikejar-kejar, namun yang mengejar tidak terlihat.

Inilah tanda-tanda bahwa ada banyak ikan lais di dasar sungai. Ikan lais memiliki ukuran panjang mencapai 100 cm. Ikan ini banyak ditemukan di sungai-sungai Kalimantan dan di sebelah timur Sumatera.Baca Cara Mancing Ikan Pari

Dengan cara mancing ikan lais di sungai yang tepat, sudah dipastikan akan memanen ikan lais sampai puluhan ekor hanya dalam dua atau tiga hari saja.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM