Cara Mancing Ikan Belida Umpan Dan Waktunya

Cara Mancing Ikan Belida Umpan Dan Waktunya

Cara Mancing Ikan Belida – Satu lagi spesies ikan buruan yang menjadi incaran pemancing mania untuk mendapatkan pengalaman sensasi memancing yang lain dari biasa yaitu ikan belida.

Advertisements

Cara mancing ikan belida cukup unik karena spesies ini hidup di pinggiran sungai dan tidak bergerumul. Ikan ini biasanya bersembunyi di tunggul-tunggul kayu di tepian sungai, dan akar-akar pohon.

Beruntungnya, ikan ini tidak akan berpindah tempat apabila sudah nyaman di sarangnya. Yang sulitnya adalah mencari posisi tepat ikan bersarang. Satu-satunya cara mengetahui ikan belida berdiam adalah saat ikan ini menilap di permukaan dan melibaskan ekornya sambil menghirup udara.

Pergerakan inilah menandakan ikan bersarang di sekitarnya. Walaupun hidup di air tawar dan berada di permukaannya pada musim kemarau, namun pada musim hujan ikan ini akan kembali hidup di dasar danau.Baca Cara Mancing Gabus Malam Hari

Cara Mancing Ikan Belida Umpan Dan waktunya

Cara Mancing Ikan Belida Umpan Dan Waktunya

Ikan belida memiliki bentuk yang unik. Tubuhnya pipih dengan kepalanya kecil dekat dengan cekungan punggungnya yang bungkuk.

advertisements

Secara keseluruhan, bentuk ikan belida mirip dengan mata pisau yang meruncing di ekor. Warna pada umumnya adalah putih keperakan. Pola warnanya bervariasi sesuai fase pertumbuhannya.

Kadang ditemukan berwarna agak kelabu pada bagian punggung dan keperakan di bagian perut, ada pula yang berwarna merah muda. S

edangkan pada sisi badannya akan dipenuhi bola-bola berwarna hitam dari insang sampai ekor. Namun beberapa ada pula hanya pada ekornya saja.Baca Cara Mancing Galatama Bawal

Cara mancing ikan belida memerlukan beberapa trik agar tangkapan memuaskan, yaitu :

  1. Cari spot yang tepat. Penyebaran ikan belida di Indonesia meliputi Pulau Sumatera Selatan, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Yang paling banyak habitatnya adalah di Sumatera Selatan yang meliputi daerah Muara Enim, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Musi Banyuasin, dan Musi Rawas. Ada baiknya pemancing mencari informasi dari penduduk setempat di mana biasanya ikan muncul di permukaan. Pilihlah area tepi sungai yang banyak bebatuan, rawa, akar atau bangkai pohon.
  2. Waktu yang tepat memancing ikan belida adalah pada sore atau malam hari. Biasanya ikan belida mencari makan pada waktu-waktu tersebut.
  3. Umpan hidup. Bisa menggunakan udang atau anakan ikan. Selain itu gunakan mata kail yang kecil agar umpan dapat bergerak leluasa dan biarkan umpan sampai pada dasar sungai sambil sesekali di angkat kisaran 30-50 cm.
  4. Trik saat strike. Kebiasaan ikan belida ketika mendapatkan mangsa adalah dengan menggigitnya dan menghempaskannya berulang-ulang hingga pingsan barulah ditelannya sekaligus. Jadi, ketika strike, biarkan umpan dibawa terlebih dahulu oleh ikan belida ini sampai ke dasar sungai, setelah kisaran 3 sampai 5 meter barulah gulung line sedikit demi sedikit.

Baca Cara Mancing Ikan Pari

Ikan belida termasuk ikan yang hidup menyendiri sehingga cara mancing ikan belida ini pun untuk mendapatkan strike memerlukan kesabaran yang ekstra.

advertisements

Facebook Comments