18 Desember 2017

Cara Mancing Cumi di Dermaga

Lautan memang menyimpan beraneka ragam hewan laut yang dapat dimakan, salah satunya cumi. Bagi sebagian orang yang belum pernah memancing cumi, memancing cumi dinilai sulit karena pergerakannya yang cepat dan meninggalkan tinta hitam yang pekat.

Advertisements

Padahal cara mancing cumi memiliki trik dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Memancing cumi lebih efektif dilakukan di jam 6 sore hingga 6 pagi keesokan harinya, ini dikarenakan pada malam harilah cumi keluar untuk mencari makanan.

Ada beberapa jenis dan kategori cumi yaitu cumi sero atau cumi bagan, cumi karang, cumi sotong, dan cumi jarum. Jenis cumi yang sering di pancing oleh para pemancing cumi adalah cumi bagan dan cumi sotong.Baca Umpan Kakap Putih Selain Udang Terbukti Jos

Spot yang biasa ditempati oleh pemancing cumi adalah di atas perahu, di karang laut tepi pantai dan dermaga. Dengan memancing cumi di dermaga lebih simple karena tidak harus berendam di laut atau naik perahu.

Cara Mancing Cumi di Dermaga

Cara Mancing Cumi di Dermaga

Dermaga sendiri merupakan tempat di mana kapal berlabuh untuk kegiatan bongkar muat barang dan juga orang dari dan ke atas kapal. Cara mancing cumi memang gampang-gampang susah.

advertisements

Gerakan cumi yang cepat dan gesit yang kemudian dilanjutkan dengan meninggalkan jejak berupa tinta hitam yang pekat membuat pemancing sering kelepasan. Untuk itu pemancing harus menguasai teknik serta kepekaan yang tajam agar memperoleh hasil yang diinginkan.Baca Umpan Kakap Putih di Tambak Paling Galak

Cara memancing cumi menjadi 2 teknik, yaitu teknik casting dan teknik trolling. Teknik casting dilakukan dengan cara melempar umpan, spot yang biasa dipilih adalah pinggir pantai atau dermaga.

Namun teknik trolling tidak cocok dilakukan di dermaga, teknik tersebut lebih cocok dilakukan oleh pemancing yang lokasinya dekat karang dengan kedalaman airnya mulai dari 3 m sampai 10 m. Mancing cumi di malam hari akan sangat mudah, apalagi jika dibantu dengan sinar rembulan.

Namun, jika bulan sedang tidak bersinar pemancing bisa menggunakan senter yang terang sebagai alat bantunya. Pilih umpan yang lebih kecil dahulu seperti umpan udang-udangan untuk mengetahui ukuran cumi yang berada di spot tersebut.

Memancing cumi tanpa bantuan sinar rembulan adalah dengan menggerak-gerakkan sinar senter guna menarik perhatian cumi. Sebelumnya lempar lure terlebih dahulu, setelah cumi mendekati sinar senter, gulung atau putar handle reel secara perlahan-lahan (retrieve) dan rasakan apakah cumi sudah menarik umpan tersebut atau tidak.Baca Cara Mancing Casting di Danau

Menurut beberapa orang apabila cumi sudah menangkap umpan akan terasa sentakan dengan frekuensi yang rendah pada joran atau seperti ada yang menahan senar. Setelah yakin bahwa cumi sudah memakan umpannya, gulung reel secara perlahan-lahan kemudian tangkap.

Namun apabila kondisi air sedang berarus kencang, sebaiknya dalam cara mancing cumi gunakan umpan capella bertimah berat agar umpan tidak melayang di air.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM