18 Desember 2017

Cara Mancing Casting di Sungai Bagi Pemula

Banyak yang mengatakan bahwa memancing adalah suatu kegiatan yang membuang waktu dan tenaga. Namun bagi mereka yang hobi tentu akan berbeda pandangannya. Sebab bagi mereka memancing adalah suatu kegiatan olahraga yang juga menggunakan otak.

Advertisements

Sebab pemancing harus tahu bagaimana caranya teknik mancing casting di sungai agar mendapatkan hasil tangkapan yang lumayan. Bagi yang bukan pemancing mungkin mendengar kata casting adalah casting untuk main sinetron atau film.

Namun bagi mereka yang memang hobi memancing tentu mengetahui akan istilah casting tersebut dan teknik casting sendiri adalah sebuah teknik dalam memancing dengan menggunakan umpan tiruan.

Dengan menggunakan umpan tiruan yang dibuat mirip bahkan lebih menarik, tentu akan menarik perhatian ikan-ikan di sungai.

Cara Mancing Casting di Sungai Bagi Pemula

Umpan Mancing Casting di Sungai Terbukti galak

Cara mancing casting di sungai berbeda caranya dengan di danau atau di laut atau di tempat lainnya. Hal ini disebabkan aliran dan arus air yang berbeda. hal pertama yang dilakukan adalah dengan melemparkan mata kail yang telah diberi umpan ke dalam sungai.

Kemudian Anda harus menarik pancingan Anda secara kontinyu agar umpan bergerak dan menarik perhatian pemangsa.

advertisements

Dengan demikian ikan pemangsa akan menyambar atau memakan umpan tersebut. Peralatan yang biasa digunakan pada saat memancing ikan di sungai adalah joran yang memiliki panjang 180-210 cm dengan ukuran 10-15 lbs.

Dan dengan menggunakan reel pancing dengan jenis baitcasting atau juga spinning dengan ukuran 1000-2000cm. Dengan ukuran yang demikian Anda tidak membutuhkan benang yang panjang hingga ketika ikan menyambar umpan langsung bisa Anda angkat dengan mudah.

Dan benang yang biasa digunakan adalah dengan ukuran 0.25mm. Dan jenis lure atau umpan tiruan yang biasa digunakan untuk daerah sungai ada beberpa macam yaitu:

  1. Spoon : jenis umpan yang memiliki gerakan berputas dan juga warnanya yang gemerlap.
  2. Pencil : jenis ini memiliki 2 macam umpan yaitu wtd dan swimmer. Wtd (walk the dog) memiliki gerakan berenang ke kanan dan ke kiri yang cocok sebagai umpan untuk ikan tawes, hampala, bader dan beles. Swimmer yang gerakannya seperti berenang di air yang juga cocok untuk menangkap ikan hampala yang berenang di air deras.
  3. Froggy : jenis umpan yang mirip dengan katak yang cocok untuk menangkap ikan gabus dan juga ikan toman.
  4. Popper : jenis umpan yang sedang populer ini mengeluarkan suara yang keras dan juga percikkan air yang akan membuat ikan kecil kabur. Namun lain halnya dengan ikan-ikan besar yang justru merasa tertantang dan justru menghampirinya. Karena itulah lure jenis ini langsung disambar oleh ikan-ikan besar tersebut seperti gabus, hampala hingga toman.

Demikian kiranya sedikit informasi tentang bagaimana caranya mancing casting di sungai, semoga bermanfaat.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM