18 Desember 2017

Cara Mancing Casting di Pantai Khusus Pemula

Setelah peralatan memancing casting siap dan menemukan spot bagus saat itulah kita dapat mancing casting di pantai. Pertama-tama mungkin banyak orang tidak tahu bahwa teknik memancing itu ada banyak.

Advertisements

Teknik memancing terdiri dari jigging, popping, trolling dan casting. Teknik memancing casting, merupakan salah satu teknik memancing dengan cara melempar lure atau umpan tiruan, setelah itu umpan ditarik atau digerak-gerakkan layaknya ikan asli.

Ketika lure atau umpan bergerak, maka akan menarik perhatian ikan dan ikan akan menyambar lure tersebut. Mancing teknik casting bisa dilakukan banyak spot seperti sungai, danau, rawa, empang, dermaga, pantai, tengah laut, parit dan saluran irigasi.

Sebelum melakukan kegiatan memancing di pinggir pantai persiapkan dulu beberapa perlengkapan seperti joran, lure atau umpan tiruan, senar, dan reel.

Cara Mancing Casting di Pantai Khusus Pemula

Peralatan Cara Mancing Casting di Pantai

Alat-alat yang digunakan untuk mancing casting di pantai pun tidak sembarangan dan harus menyesuaikan dengan lokasi di mana kita memancing.

Joran yang digunakan adalah joran dengan panjang antara 150 cm sampai 172 cm, untuk lontarannya pun tidak usah terlalu jauh hanya antara 20 m sampai 30 m. Dalam pemilihan lure pun juga harus diperhatikan, pilih warna lure yang kontras dengan warna air, ini dilakukan untuk menentukan insting ikan agar tertarik untuk memakan lure.

advertisements

Biasanya digunakan lure yang berbentuk ikan, serangga dengan berat sekitar 7 sampai 20 gram. Untuk senar yang digunakan casting di pantai biasanya ini tergantung dari kemampuan kantong pemancing, luas area dan target ikan.

Sedangkan reel untuk di pantai dianjurkan menggunakan ukuran 1000-4000 karena semakin besar reel, maka semakin besar kapasitas line maka semakin berat pula reel karena tidak memerlukan senar yang begitu panjang sehingga piranti akan terasa seimbang dan ringan dengan jorannya.

Setelah semua perlengkapan siap, pemancing juga harus memperhatikan cuaca dan kondisi permukaan laut demi keselamatan. Lakukan kegiatan memancing di laut pada saat cuaca sedang cerah, dengan kondisi angin laut sedang angin timur.

Karena ketika angin timur tiba selalu muncul banyak ikan di laut. Setelah pemancing yakin dengan kondisi alam, untuk mengetahui di mana spot yang terdapat banyak ikan berkumpul.

Perhatikan apabila terdapat segerombolan burung laut mengitari daerah tertentu sedang berburu ikan, maka besar kemungkinan tempat tersebut terdapat banyak ikan di bawahnya.

Lempar lure ke arah target, tidak usah terlalu jauh, setelah itu retrieve secara perlahan-lahan hingga gerakannya persis seperti ikan kecil sungguhan untuk menarik perhatian ikan predator.

Durasi sampai ikan predator memakan umpan tergantung kemahiran kemahiran kita dalam me-retrive atau memainkan umpan tersebut.

Jika pada lemparan pertama ikan predator belum juga memakan umpan, ulangi terus step-step tersebut sampai mendapatkan ikan yang diinginkan. Begitulah caranya mancing ikan di pantai yang benar.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM