Cara Mancing Casting di Danau

Cara Mancing Casting di Danau

Kebanyakan orang beranggapan bahwa memancing merupakan kegiatan yang membosankan karena harus menunggu lama sampai ikan ditangkap atau memakan umpan. Karena memancing juga membutuhkan ketekunan, kesabaran, ilmu dan insting yang kuat supaya tahu di mana lokasi terdapat banyak ikan.

Advertisements

Apalagi mengetahui cara mancing casting. Namun bagi sebagian orang yang memang mempunyai hobi memancing, kepuasan dari kegiatan memancing ikan adalah ketika umpan atau lure yang kita lempar dimakan ikan (strike) dan berhasil memenangkan pertarungan (fight) setelah bergelut dengan ikan.Baca Umpan Mancing Kakap Air Payau

Juga suasana tenangnya, maka tak heran banyak orang rela menghabiskan banyak uang agar dapat memancing di spot yang bagus. Salah satu spot bagus untuk mancing casting adalah di danau.

Danau memang selalu jadi tempat favorit untuk mancing casting karena lebih mudah untuk mendapatkan ikan.

Cara Mancing Casting di Danau

Cara Mancing Casting di Danau

Cara mancing casting di daerah danau juga cukup mudah, caranya lempar lure dari pinggir danau ke tengah perairan, kemudian retrieve reel yang membuat lure seolah-olah adalah ikan sungguhan. Hal ini perlu dilakukan untuk menarik perhatian mangsa supaya memakan umpannya.

advertisements

Apabila mangsa belum juga memakan umpannya, lakukan retrieve secara berulang-ulang sampai strike. Lure yang biasa digunakan untuk mancing casting di danau menggunakan umpan yang mirip dengan udang, cumi-cumi, katak dan hewan air tawar lainnya.

Dengan menggunakan joran yang ukuran panjangnya 150 cm sampai 210 cm.Baca Umpan Kakap Putih Selain Udang Terbukti Jos

Teknik yang digunakan untuk memancing casting di danau ada 3 teknik, yaitu teknik overhead, teknik sidearm dan teknik underhand.

  1. Teknik overhead merupakan teknik dasar memancing casting di mana semua anglers sering menerapkan teknik ini. Caranya tetapkan target, posisikan joran parallel dengan tanah dan sikut persis di samping rusuk. Angkat joran, lalu ayunkan ke arah posisi jam 10.
  2. Teknik sidearm, sesuai namanya teknik ini dilakukan dengan posisi menyamping untuk melontarkan lure ke titik yang letaknya berada di bawah penghalang. Posisi joran paralel dengan tanah dan sikut persis di samping rusuk.
  3. Teknik underhand, merupakan teknik yang bertujuan untuk melontarkan umpan ke titik yang cukup jauh. Dengan cara memutar senar berbentuk lingkaran di udara sebelum melemparnya ke arah umpan.

Memancing di danau dapat dilakukan di atas perahu tentu akan lebih baik lagi karena Anda akan dapat melempar kail sejauh mungkin ke tengah danau.Baca Umpan Kakap Putih di Tambak Paling Galak

Dengan demikian akan mendapatkan hasil tangkapan yang lumayan dan dengan menggunakan lure yang sesuai dengan sumber makan ikan yang ada di danau tentu akan membuat hasil tangkapan menjadi lebih memuaskan.

Sebab umpan atau lure yang ada juga bermacam-macam yang tentunya akan disesuaikan dengan daerah tangkapan ikannya. Sekiranya demikian informasi yang bisa disampaikan tentang cara mancing casting di daerah danau, semoga bermanfaat.

advertisements

Facebook Comments