18 Desember 2017

Cara Mancing Belut Sawah Belum Banyak Orang Tahu

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan ataupun yang sedang berencana pergi ke suatu desa yang ada sawahnya, mancing belut sawah bisa menjadi suatu hal yang bisa Anda lakukan untuk sekedar mengisi waktu luang ataupun untuk mendapatkan belut yang bisa Anda masak dan Anda hidangkan menjadi masakan yang sangat menggugah selera.

Advertisements

Pasalnya hewan licin yang satu ini cukup sulit ditangkap karena licinnya badan belut yang berlumuran lendir ini.

Meskipun Anda bisa membeli dengan mudah di pasaran Anda akan mendapatkan sensasi lain yang lebih menarik jika Anda memancing sendiri belut itu dengan tangan Anda. Sebelum memancing belut Anda harus melakukan persiapan berikut ini:

Langkah-Langkah Mancing Belut Sawah

Cara Mancing Belut Sawah Belum Banyak Orang Tahu

  1. Siapkan Umpan Dan Cari Lubang Yang Tepat

Jika Anda memancing belut hal pertama yang harus Anda siapkan adalah umpan. Belut ini adalah salah satu jenis hewan karnivora sehingga Anda bisa menggunakan cacing, daging siput, anak katak, ulat dan hewan kecil lainnya.

Pastikan Anda mencari lubang yang tepat bukan malah menemukan lubang ular air. Belut ini memiliki lubang yang menghadap ke sawah yakni menghadap ke samping kanan dan kiri bukan menghadap ke atas.

advertisements

Jika Anda menemukan lubang menghadap ke atas maka Anda patut waspada karena dikhawatirkan itu adalah lubang ular air dan bisa membahayakan Anda. Biasanya lubang belut pada bibir lubangnya rapi, dan licin karena rata.

  1. Siapkan Senar Dan Mata Kail

Dalam mancing belut sawah ini selain menyiapkan umpan yang tepat, Anda juga harus menggunakan senar dan mata kail yang tepat.

Gunakan senar yang memiliki ketebalan cukup tebal lilitkan senar sekitar 3 kali lilitan agar kuat karena belut ini memiliki gigitan yang sangat kuat sehingga senar tidak putus.

Gunakan mata kail dari stainless stell yang kuat sehingga tidak mudah bengkok pada saat Anda masukan ke dalam lubang dan dimakan oleh si belut tersebut dan Anda harus kuat memegang senarnya karena Anda tidak menggunakan joran seperti pada memancing ikan pada umumnya yang biasa Anda lakukan.

Jika Anda sudah melakukan kedua hal tersebut dan Anda sedang memasukan umpan ke dalam lubang, Anda harus menggerakkannya senatural mungkin agar belut tertarik dan memakan umpan tersebut.

Pasalnya belut memiliki indra yang baik untuk mendeteksi kalau umpan yang Anda berikan adalah jebakan dan Anda pun harus memegang senar dengan kuat agar saat belut sudah makan tidak terlepas dan masuk lagi ke dalam lubang.

Mancing belut sawah memang harus memiliki kesabaran ekstra dalam melakukannya karena tidak semudah yang Anda bayangkan.

Berbeda dengan menyetrum yang tergolong lebih mudah. Sensasi memancing belut akan Anda dapatkan dan Anda bisa lebih menikmati hidangan hasil memancing Anda sendiri.

advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: RAJAUMPAN.COM